Jadi Kutu Loncat di Dunia Kerja, ini Beberapa Kelebihannya

2020-01-28 14:11:40

Sumber Foto : Pexels





shierproject.com - Disamping dipandang negatif karena dianggap kurang loyal, tidak tahan dengan tantangan, atau dianggap kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja, menjadi Kutu Loncat di tempat kerja sebenarnya juga memberi nilai lebih bagi si karyawan.

 

Karyawan Kutu Loncat seringkali dikaitkan dengan usia Milenial yang berharap agar bisa mendapatkan sesuatu dengan cara yang instan. Pastinya karyawan tersebut memiliki alasan mengapa resign dari suatu perusahaan dalam waktu yang relatif singkat.

 

Beberapa perusahaan memiliki perhitungan sendiri dalam mengkategorikan apakah seorang karyawan merupakan Kutu Loncat atau bukan. Ada yang mengkategorikan karyawan yang sering berpindah perusahaan di bawah 1 tahun, ada pula yang di bawah 2 tahun.

 

Apa saja nilai lebih yang didapat si Kutu Loncat ? berikut daftarnya,

 

RELASI LEBIH BANYAK

Karyawan yang beberapa kali pindah kerja lebih punya banyak relasi kerja karena sudah bekerja di banyak tempat.

 

Hal ini tentunya menjadi keuntungan jika karyawan tersebut memiliki kinerja yang baik dan memiliki pergaulan yang luas. Karena karyawan tersebut memiliki peluang untuk diterima di banyak tempat melalui referensi baik dari rekan kerja maupun atasan di perusahaan lamanya.

 

MENDAPAT INSIGHT DARI SUATU PEKERJAAN

Skill yang dipelajari sewaktu kuliah seringkali tidak cukup untuk bisa diterapkan di dunia kerja sehingga karyawan perlu mengasah lebih dalam skill yang dikuasainya dari sumber yang lain.

 

Skill tersebut tidak hanya bisa didapatkan melalui internet ataupun dengan mengikuti seminar, namun bisa jadi seorang karyawan mendapatkan wawasan tersebut di perusahaan barunya yang tidak di dapatkan di perusahaan sebelumnya karena belum pernah diterapkan.

 

Jika karyawan yang melamar di perusahaan yang lebih besar, kemungkinan dia mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang pekerjaannya yang sulit didapatkan di perusahaan sebelumnya sehingga pengalamannya pun bertambah.

 

PENGGUNAAN TOOLS BARU

Penggunaan tools berupa aplikasi baik buatan perusahaan tersebut maupun dibuat oleh vendor pastinya akan mempermudah pekerjaan seorang karyawan.

 

Sayangnya tidak semua perusahaan menggunakan aplikasi tertentu karena hal tersebut didasarkan pada kebutuhan. Namun beruntunglah jika seorang karyawan yang sebelumnya bekerja tidak menggunakan tools apapun namun saat pindah ke perusahaan baru pekerjaannya dibantu dengan sebuah aplikasi.

 

Aplikasi seperti HRIS atau Human Resource Information System pastinya cukup membantu bagi seorang Staff HRD dalam mengecek kehadiran, mempermudah penginputan data shift karyawan sampai aneka pengajuan izin karyawan.

 

Begitu pun dengan aplikasi untuk penghitungan penggajian yang tentunya sangat berpengaruh dalam produktivitas kerja bagi seseorang yang bekerja di departemen Accounting.

 

Terlebih bagi seorang yang bekerja sebagai Programmer ataupun seseorang yang bekerja di departemen IT. Penggunaan tools tidak hanya sebagai kemudahan dalam bekerja namun merupakan pengalaman yang penting dalam karirnya.

 

Seorang Programmer yang beberapa kali berpindah perusahaan pastinya pernah merasakan bekerja di perusahaan dengan tools terbatas dan seadanya maupun perusahaan besar dengan teknologi dan tools yang lebih advance.

 

PENGALAMAN + ILMU = NAIK GAJI

Banyaknya ilmu yang dikumpulkan dari berbagai perusahaan nyatanya mendatangkan manfaat bagi si Kutu Loncat. Tentunya pengalaman tersebut akan berpengaruh meningkatnya pendapatan terlebih jika perusahaan yang dilamar lebih besar dibanding perusahaan sebelumnya.

 

Walaupun ilmu yang didapat begitu banyak, ilmu tersebut didapatkan dalam waktu yang singkat sehingga tetap harus diperdalam dan terus diasah agar seorang karyawan lebih ahli dan bisa menerapkan skill tersebut.

 

 

Meskipun demikian, tulisan di atas bukan bermaksud untuk membenarkan perilaku seorang karyawan yang sering berpindah-pindah bekerja.

 

Ada baiknya bertahan di suatu perusahaan lebih lama dan menyerap ilmu sebanyak-banyaknya dan terus bermanfaat bagi perusahaan.

 

Namun bagi Anda yang merasa sudah tidak memiliki ruang untuk berkembang di tempat tersebut baik dari segi ilmu maupun pendapatan, mungkin resign adalah jalan terbaik untuk membuka jalan dalam mencari pengalaman baru untuk karir yang lebih baik.



Sumber : shierproject






#Tags



#Kutu Loncat