Kenalan Yuk dengan Jenis Sepeda Sesuai Aktivitasnya

2020-03-26 06:06:24

Sumber Foto : pexels.com





shierproject.com - Setiap sepeda memiliki desain dan materialnya tersendiri yang akan mempengaruhi kekuatan sampai berat sepeda. Hal teraebut pastinya sudah dipikirkan matang-matang oleh pabrik yang merakitnya yang mengikuti fungsi sebenarnya dari sepeda tersebut.

 

Bagi yang menyukai kecepatan, yang dibutuhkan adalah sepeda dengan material ringan dengan bentuk yang aerodinamis. Sedangkan untuk medan berat seperti bebatuan di bukit memerlukan sepeda dengan material yang kuat dengan ban tebal.

 

Kira-kira sepeda apa yang cocok untuk aktivitas Anda, berikut Shier Project merangkumnya untuk Anda,

 

Sepeda Balap (Road Bike)

 

Sepeda balap atau Road Bike memiliki desain yang memaksa pengendaranya menunduk serendah mungkin agar membantu mengurangi hambatan udara yang ditahan oleh tubuh dengan tujuan agar bisa melaju dengan lebih cepat. Desain yang aerodinamis diwujudkan dengan membuat ketinggian sadel sepeda ini lebih tinggi dari jenis sepeda yang lainnya.

 

Selain ketinggian sadel, bagian lain dari Road Bike seperti wheelset dibuat lebih tipis didukung dengan material yang ringan menjadi kelebihan sepeda ini dibanding sepeda lainnya.

 

Sepeda Road Bike berfokus pada teknologi untuk meningkatkan kecepatan sehingga harganya lebih mahal dibanding sepeda lainnya. Road Bike dengan harga yang mahal biasanya sudah bermaterial Carbon yang lebih ringan dibanding dengan material Alloy. Beberapa sepeda Road Bike juga membuat Front Derailleur dan Rear Derailleur beserta Shifter-nya menjadi wireless dengan bantuan tenaga baterai yang mampu mengurangi berat dari sepeda itu sendiri dengan dihilangkannya kabel penghubung.

 

Sepeda balap seringkali digunakan untuk keperluan balapan ataupun touring karena kecepatan dan bobot yang lebih ringan sehingga cocok untuk perjalanan jarak jauh. Tidak sedikit juga yang menggunakan sepeda ini untuk berangkat kerja dengan medan yang ringan di lingkungan perkotaan.

 

 

Sepeda Gunung (MTB Bike)

 

Sesuai dengan penggunaannya, MTB atau Mountain Bike (Sepeda Gunung) digunakan untuk aktivitas bersepeda di medan berat dengan tekstur keras dan bebatuan. Hal ini bisa dilihat dari Fork depannya yang dilengkapi dengan rear shock yang berfungsi sebagai suspensi untuk meredam guncangan saat melintasi jalan yang tidak rata.

 

Fork ini memang dibuat untuk ketahanan terhadap guncangan dan hentakan keras sehingga sepeda tidak mudah bengkok. Ban pada sepeda MTB pun terlihat lebih besar dengan gerigi anti selip yang menonjol yang bisa digunakan untuk off road di jalan penuh lumpur dan juga jalanan licin agar pengguna tidak mudah tergelincir.

 

Fork seperti ini pastinya tidak cocok dipasang di sepeda Road Bike yang dikhususkan berjalan di jalan yang rata dan halus. Selain itu Fork tersebut jika digunakan pada sepeda Road Bike akan menambah beban sepeda tersebut yang pastinya akan mengurangi performanya saat melaju dengan cepat.

 

Sepeda Kota (City Bike)

 

City Bike pas untuk aktivitas yang santai seperti berjalan-jalan di sekitar perumahan maupun untuk berangkat sekolah atau kerja dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Biasanya, sepeda City Bike dilengkapi dengan keranjang di depan yang bisa digunakan untuk barang belanjaan. Tidak lupa beberapa City Bike sudah menyediakan dudukkan untuk penumpang di bagian belakang.

 

Beberapa aksesoris bisa ditambahkan seperti kursi bayi di bagian depan maupun belakang sehingga pengendara bisa membawa balita berjalan-jalan dengan sepeda ini.

 

Tampilan City Bike pun terlihat lebih simple dengan tambahan beberapa body atau cover yang menutup beberapa bagian sepeda. Contohnya adalah Chainring atau lingkaran cakram rantai dan dibagian rantai yang dibiarkan terbuka pada Road Bike dan MTB. Pastinya pengguna City Bike menjadi lebih aman karena terlindung dari bagian-bagian sepeda yang mungkin dapat melukai kaki saat sepeda sedang dikayuh.

 

 

 

Itu tadi adalah beberapa jenis sepeda yang digunakan sesuai dengan aktivitasnya. Tidak ada salahnya untuk menggunakan sepeda sesuka hati namun jenis sepeda yang pas akan memudahkan Anda dalam menggunakannya.

 



Sumber : Shier Project






#Tags



#Gaya Hidup
#Sepeda