Butuh Konten Ilustrasi tapi Takut Melanggar Hak Cipta ? Cari Aja di Sini

2020-06-15 14:37:48

Konten Ilustrasi

Sumber Foto : Pexels





shierproject.com - Beberapa profesi yang bergantung pada kreativitas membutuhkan ilustrasi. Profesi seperti desain grafis atau UI/UX designer yang membutuhkan konten berupa foto namun tidak perlu repot mengambil foto untuk ilustrasi karena sudah banyak website yang menyediakan hal tersebut. 

 

Berikut beberapa daftar website yang menyediakan konten gambar yang bisa digunakan secara gratis,

 

1. Pexels

 

Pexels tidak hanya merupakan website namun juga berupa aplikasi yang bisa didownload melalui Android maupun IOS. Pexels juga bisa diakses melalui Photoshop, Microsoft Office, Google Slide sampai Ekstensi Browser Chrome. Informasi foto yang disediakan sangat mendetail tidak hanya resolusi dan ukurannya, tetapi sampai kepada informasi kamera yang digunakan, software yang digunakan, lensa yang digunakan, sampai color pallete. Pengunjung atau pengguna foto dapat berterima kasih kepada seniman fotografi dengan mengucapkan terima kasih di Twitter, Instagram, dan juga bisa memberikan donasi melalui Paypal.

 

2. Pixabay

 

Pixabay merupakan komunitas kreatif yang menyediakan lebih dari 2 juta foto yang bisa digunakan bahkan untuk penggunaan komersil tanpa mencantumkan credit kepada seniman fotografernya karena lisensinya berada di bawah Pixabay. Tidak hanya foto, Pixabay juga menyediakan gambar ilustrasi, vektor sampai video singkat. Konten tersebut terbagi menjadi banyak kategori yang bisa dipilih mulai dari Sains/Teknologi, Olahraga, Musik, Hewan dan lain-lain. Di dalam website ini pengunjung dapat menyukai foto yang ada bahkan mengomentari foto tersebut. Pengunjung juga dapat mengikuti seniman yang mengupload foto tersebut.

 

3. Unsplash

 

Website penyedia foto ini diciptakan oleh Mikael Cho pada tahun 2013 dikarenakan kesulitan mendapatkan foto yang cocok untuk digunakan, akhirnya Mikael Cho lebih memilih untuk menyewa fotografer. Fotografer diperbolehkan untuk menunggah fotonya ke website Unsplash yang nantinya akan dikurasi oleh tim foto editor. Foto yang diupload ke Unsplash akan memiliki lisensi Unsplash sehingga pengguna dapat menggunakan foto secara gratis tanpa perlu mencantumkan atribusi.

 

4. Freepik

 

Berbeda dengan 3 website lainnya di dalam daftar ini, Freepik menyediakan stok foto dan gambar secara gratis dan juga premium berbayar. Dengan membayar 89,99 Euro per tahun atau 9,99 Euro per bulan pengunjung sudah mendapatkan akses untuk lebih dari 7,531,000 konten premium yang terdiri dari berbagai stok foto, vektor dan file PSD. Akses premium pun memberikan kelebihan pengunduhan secara tak terbatas dan penggunaan konten foto tanpa mencantumkan atribusi. Stok foto yang disukai oleh pengunjung website bisa disimpan ke dalam bentuk Pin di Pinterest

 

Akhir Kata

Itulah beberapa website yang menyediakan foto yang bisa dijadikan konten untuk pekerjaan kita yang bisa digunakan tanpa takut dituntut karena melanggar hak cipta.

 



Sumber : Shier Project






#Tags