Anak Kos VS Anak Rumahan, Mana yg Punya Kehidupan Lebih Enak ?

2021-01-11 04:10:41

Anak Kos VS Anak Rumahan

Sumber Foto : pexels





shierproject.com - Keputusan untuk hidup secara mandiri pada akhirnya akan dirasakan oleh setiap orang karena itu merupakan fase kehidupan. Yang menjadi pertanyaan adalah kapan waktunya tiba dan resikonya.

 

Bagi seseorang yang belum menikah dan baru saja menyelesaikan studi di sekolah menengah atas akan mengalami hal ini. Setiap orang memiliki rencana hidupnya masing-masing, mulai dari memilih untuk bekerja ataupun melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

 

Pertimbangan seperti jarak kantor atau kampus, biaya, dan fokus dalam kegiatan mempengaruhi keputusan untuk tinggal dengan orang tua ataupun tinggal sendiri.

 

Kira-kira apa kelebihan antara menjadi anak kost dan anak rumahan ?

 

Lebih Banyak Waktu untuk Diri Sendiri - Anak Kost

Tinggal di perantauan membuat seseorang lebih punya banyak waktu untuk diri sendiri, entah waktu tersebut digunakan untuk belajar / bekerja atau untuk pengembangan diri karena waktu tersebut lebih banyak dibagi untuk kehidupan pribadi atau kampus / kantor.

 

Tinggal di tempat yang asing memberikan pengalaman dan kesempatan untuk menjelajah ke tempat-tempat baru dan bertemu banyak orang baru.

 

Menghemat pengeluaran - Anak Rumahan

Tinggal bersama keluarga saat kuliah mampu menghemat pengeluaran karena tidak perlu bayar biaya sewa tempat tinggal atau biaya hidup layaknya mereka yang ada di perantauan. Jika kuliah sambil bekerja, lebih banyak uang yang bisa ditabung untuk masa depan seperti untuk menikah atau membangun usaha.

 

Walaupun salah satu alasan untuk ngekos adalah agar bisa lebih dekat dengan tempat kerja atau kampus sehingga lebih hemat waktu ongkos. Namun hal itu juga dibarengi dengan bertambahnya pengeluaran untuk kehidupan bulanan.

 

Untuk di Jakarta saja berdasarkan data yang diambil dari salah satu website penyedia tempat kos, biaya yang harus dikeluarkan paling murah untuk bisa menyewa kamar kos yaitu sebesar Rp 500 ribu perbulannya. Belum lagi uang makan dan untuk kebutuhan bulanan.

 

Lebih Mandiri - Anak Kost

Mengerjakan semuanya sendiri mulai dari mencuci baju, merapikan tempat tidur, belanja kebutuhan sampai memasak kabar baiknya dapat membentuk karakter diri agar lebih mandiri dan tidak banyak bergantung dengan orang lain.

 

Pada akhirnya rutinitas tersebut akan menghilangkan kebiasaan lama saat masih sekolah yang masih bergantung kepada keluarga. Bagi yang sudah bekerja ataupun yang kuliah sambil mengambil pekerjaan sampingan di perantauan lebih mandiri secara finansial sehingga mampu meringankan beban keluarga.

 

Beda cerita bagi orang yang ngekos namun masih dibiayai orangtua sehingga urusan pakaian kotor dan makanan bisa diserahkan ke laundry dan beli makan sendiri.

 

Dapat Membantu Mengerjakan Pekerjaan Rumah - Anak Rumahan

Tinggal bersama keluarga memberi kelebihan bisa membantu keluarga seperti mengepel lantai, mencuci piring sampai membuang sampah.

 

Karena sejatinya, tanggung jawab untuk rumah tidak hanya pada orang tua, anak pun memiliki perannya tersendiri untuk membantu orang tua dalam berbenah rumah. 

 

Fokus Pada Tugas dan Pekerjaan - Anak Kos

Tinggal dengan keluarga bisa menimbulkan banyak distraksi yang membuat tidak fokus terhadap tugas bagi yang sedang kuliah. Bayangkan saja jika keluarga mengadakan acara kumpul keluarga di rumah pada hari libur sehingga rencana untuk bisa mengerjakan tugas jadi kacau karena mau tidak mau harus berbaur dengan keluarga dan ikut membantu berbenah.

 

Tinggal sendiri di tempat kos pastinya bisa terbebas dari itu. Pekerjaan rumah hanya fokus pada barang-barang sendiri. Meskipun pada akhirnya akan kesepian juga karena jauh dari keluarga.

 

Akhir Kata

Entah akan ngekos atau tinggal bersama orang tua bagi yang belum menikah memiliki keuntungannya masing-masing. Keputusan tersebut memiliki konsekuensinya masing-masing yang akan berpengaruh terhadap kehidupan masa kini maupun masa depan. Pelajaran hidup seperti lebih mandiri tidak hanya didapat bagi mereka yang ngekos saja. Atau hemat biaya juga bukan berarti hanya bisa dilakukan oleh yang masih tinggal dengan orang tua.

 

Pelajaran tersebut bisa didapatkan dengan kondisi apapun dalam hidup.



Sumber : Shier Project






#Tags



#Lifestyle
#Ngekos
#Hidup Mandiri