Chandra Liow : Youtuber dengan Gaya Sutradara

2020-05-10 13:31:38

Instagram Chandra Liow @chandraliow

Sumber Foto : https://www.instagram.com/chandraliow/?hl=en





shierproject.com - "What's Up The People of The World", kata sambutan yang konsisten dipakai selama kurang lebih 10 tahun oleh Chandra Liow dalam konten Youtube miliknya untuk menyapa para penontonnya. Chandra Liow menamakan channel Youtubenya dengan nama Tim2One dengan jumlah subscriber sebanyak 2,54 Juta akun. Chandra Liow merupakan Content Creator Youtube yang memiliki basic di dunia perfilman yang lulus dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dengan jurusan Desain Komunikasi Visual. Website seperti IMDb, ScreenRant, GeekTyrant menjadi referensi Chandra untuk memperdalam ilmunya di dunia perfilman.

 

Itulah kenapa video-videonya di Youtube tidak digarap secara sembarangan. Selalu disertai dengan Sinematografi ala Chandra Liow. Secara bahasa, Sinematograf memiliki pengertian ilmu terapan yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan menyampaikan ide dan cerita, yang berasal dari kata 'kinema - κίνημα' "gerakan" dan graphein - γράφειν "merekam" dalam bahasa Yunani.

 

Chandra merangkum gaya sinematografinya ke dalam sebuah video di Youtube dengan nama How To Vlog Like ChandraLiow di mana dalam video tersebut ditampilkan beberapa cuplikan daily Vlog yang diedit dengan gaya yang begitu keren dipadu dengan musik yang menyesuaikan dengan scene yang ada, pengambilan shot yang unik ditambah fps yang diatur menjadi Slow Mo menambah kesan dramatis dalam video. Movement Technique dan Color Grading dalam video ini juga patut diapresiasi. Chandra Liow tidak lupa membagikan tips untuk membuat vlog yang keren, salah satunya adalah penggunaan tools yang sesuai.

 

Dalam video ini, Chandra membawa satu kamera dengan 2 lensa untuk shot Wide dan Beauty. Tools lainnya adalah Tripod, Gorilla Pod dan Microphone. Editing juga menjadi kunci dari hasil video yang baik disamping pengambilan gambar. Dalam Proses Editing, Chandra dapat bereksperimen dengan musik sehingga visual dapat menyatu dengan musik mulai dari beat nya sampai suasana yang ingin digambarkan oleh sang sinematografer.

 

Selain video tersebut, salah satu karyanya saat Chandra Liow adalah video klip untuk lagunya yaitu The Mannequin Challenge Song yang diupload tahun 2016 bersama dengan rekannya Tommy Limmm yang berlokasi di Korea Selatan. Video klip tersebut banyak disisipi shot keren seperti gambar bangunan gereja dengan latar belakang suasana langit sore, kehidupan para pejalan kaki di trotoar sampai Chandra Liow yang berpose Mannequin Challenge di pusat perbelanjaan dan di jembatan penyeberangan jalan saat keadaan macet.

 

Sejauh ini, Chandra Liow telah meraih nominasi di penghargaan Influence Asia 2015 yang diadakan di Singapura. Selain itu, Channel Youtubenya telah dianugerahi Golden Play Button karena subscribernya yang telah mencapai lebih dari 1 juta akun. Di sisi lain, Chandra mendapat penghargaan piala Anugerah Musik Indonesia bersama dengan Rizky Febrian dan Sheryl Sheinafia pada tahun 2018 untuk kategori Karya Produksi Kolaborasi Terbaik untuk lagunya dengan judul Sweet Talk. Tim2One pun mendapat kesempatan untuk bisa hadir dalam peluncuran film Marvel sampai diundang untuk nonton bareng film Avengers:Endgame (2019) di Amerika bersamaan para pemerannya dan bisa bertemu dengan idolanya sang Captain America Chris Evans.

 

Sebagai Content Creator, Chandra Liow tidak akan menghabiskan waktu untuk membuat karya yang biasa-biasa aja. Terbukti beberapa iklan ia buat kontennya dengan persiapan yang matang dan hasil yang luar biasa di mana Content Creator lain dapat membuat konten tersebut dengan lebih sederhana tanpa banyak melibatkan proses kreatif. Hal itu pun dikonfirmasi saat ia diwawancarai oleh Raditya Dika dalam Podcastnya PORD yang mengatakan bahwa Chandra Liow menganggap sebuah pekerjaan sponsorship merupakan kesempatan untuk berkarya sehingga konten yang dibuat memiliki konsep yang jelas dengan set up dan editing yang dibutuhkan untuk mencapai hasil terbaik. Video How To Vlog Like ChandraLiow merupakan video sponsorship dengan durasi 10 menit justru menampilkan skill sekaligus pengalaman Traveling Chandra Liow dan teman-temannya.

 

Kerja kerasnya selama ini akhirnya membawa hasil dengan ditunjuknya Chandra sebagai sutradara dalam film layar lebar pertamanya yang berjudul BUCIN.  Sayangnya film ini terkendala penayangan di bulan Maret tahun 2020 akibat pandemi Covid19. Sebelum menjadi sutradara, Chandra pun pernah bermain di beberapa film komedi yaitu Single bersama Raditya Dika dan juga Hit & Run.



Sumber : Shier Project






#Tags



#Youtube
#Tokoh Berpengaruh
#Chandra Liow
#Vlogger
#Sinematografi
#Sutradara